PEMBUKAAN PELATIHAN DIKLAT KOMPREHENSIF DOKTER GIGI TNI AL DILAKSANAKAN DI LADOKGI R.E. Martadinata

Ladokgi TNI AL RE Martadinata mengadakan pelatihan komprehensif dokter gigi TNI Angkatan Laut angkatan ke XXIII TA 2022 yang diselenggarakan oleh departemen pendidikan dan latihan Ladokgi TNI AL RE Martadinata.
Pelatihan ini ditujukan kepada segenap dokter gigi TNI Angkatan Laut baik militer maupun PNS yang berdinas aktif di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Pengertian komprehensif adalah memiliki wawasan yang luas akan sesuatu dan melihatnya dari berbagai aspek sehingga dapat memahami suatu permasalahan secara menyeluruh dan menyelesaikannya dengan baik. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “KBBI” pengertian komprehensif ialah: Bersifat mampu menangkap “menerima” dengan baik. Luas dan lengkap “tentang ruang lingkup atau isi”. Mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas.

Istilah “komprehensif” sendiri diambil dari bahasa Inggris yakni “Comprehensive” yang memiliki arti lengkap, luas, menyeluruh, teliti dan meliputi banyak hal. Yang pada dasarnya istilah komprehensif digunakan untuk menyatakan kondisi dimana sesuatu dapat menjelaskan keterangan secara lengkap dan luas serta memberikan wawasan yang lebih.

Istilah komprehensif cukup sering digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, misalnya filsafat, kesehatan, manajemen dan lain sebagainya. 

Keberhasilan dalam mewujudkan upaya pembinaan kesehatan gigi dan mulut tersebut tidak terlepas dari profesionalitas para perwira dokter gigi TNI Angkatan Laut. Ladokgi TNI AL R.E. Martadinata yang mempunyai fungsi salah satu diantaranya melaksanakan fungsi pendidikan dan latihan bagi para dokter gigi TNI/TNI Angkatan Laut merasa ikut bertanggung jawab dalam upaya pembinaan profesi dokter gigi khususnya di lingkup TNI Angkatan Laut.” ujar Kaladokgi R. E. Martadinata dalam sambutan pembukaan diklat Komprehensif.

Setiap kejadian kontak antara pasien dan tim kesehatan, maka seluruh masalah kesehatan seharusnya dapat diketahui, disimpulkan, ditangani secara proporsional. Tidak hanya sebatas masalah kesehatan yang dikeluhkan/ ditampilkan saat itu oleh pasien, namun juga dilakukan eksplorasi terhadap berbagai masalah kesehatan dan keluhan kesehatan yang kurang “diprioritaskan“ oleh pasien yang merupakan prajurit TNI, TNI AL maupun masyarakat umum.
itulah yang dimaksud dengan komprehensif.

Pendidikan dan pelatihan di lingkungan TNI Angkatan Laut sangat penting dikarenakan untuk mengikuti perubahan jaman serta pembaharuan di setiap sektor kehidupan.
Prajurit TNI Angkatan Laut wajib mendapatkan pendidikan dan latihan demi menciptakan prajurit TNI AL yang adaptif dan kompeten di segala medan tugas seperti yang kerap diucapkan Bapak Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono disetiap kegiatan yang beliau hadiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top